Gemz Wardh

Live From Us to you who really care about word and life.

Perjalanan Mencari Judul Skripsi Part I (Based on a true story )

Abstrak
Ni cerita seorang anak keturunan betawi (katanya), yang gede di kota Malang dan tumbuh jadi seorang yang punya loyalitas tinggi, ulet, sopan, berpendidikan, bertanggung jawab, penuh mimpi, wajah pas-pasan, agak kurang tinggi, penakut, pendiem, suka malu-maluin, ngejengkelin (kadang-kadang), pemboh…eh..Stop!..Stop! kok jadi jelek-jelek gini endingnya. Yah pada intinya ni anak baik kok. Gitu aja cukup!
Ni cerita nyeritain tentang buku harian dirinya ato lebih tepat disebut “oret-oretan dirinya. Lo bakalan dibawa mengikuti perasaan yang dialami oleh dia dengan mengambil setting di jaman orde baru lengser, katanya c jaman globalisasi gitu lah, sekitar tahun 2010. Ada yang bilang ni tahun merupakan jaman menuju kiamat soalnya tahun 2012 dipercaya sebagai akhir dari dunia. Ada filmnya lo, uda liat? Gw belum…
Dia ga peduli apakah taon 2012 kiamat ato ga. Dia cuma mikir satu sekarang, yaitu JUDUL SKRIPSI. Lo semua pasti bakalan melalui fase itu ato mungkin lo sekarang sedang melalui fase ini, kalo lo jadi mahasiswa S1. Kalo ngga berarti lo DO dari kampus lo.
Disini ni perjalanannya buat dia nemuin judul skripsi. Suka dukanya, sulit ngga nya, termasuk mungkin saat dia tersesat dari tujuannya semula sampe dia ga sengaja balik lagi ke tujuan awalnya buat nentuin judul skripsi. Emang si banyak ga nyambungnya isi cerita ini ma judul diatas, tapi namanya mahasiswa nyari judul skripsi, kalo gampang dapetnya yaa semua orang juga bisa.
Oret-oretanya dimulai sejak tanggal 5 Januari 2010 pas dia lagi menempuh apa itu yang disebut UAS.

5 Januari 2010
Besok gw ujian Tanaman Perkebunan nieh..gw bingung dan mengandai-andai soal apa yang keluar besok. Katanya sih soalnya pilihan ganda, tapi dimodif, ga kayak pilihan gandanya siswa SMU, yang ini pilihan gandanya mahasiswa. Ga tau de kayak apa besok ujiannya. Ni malem gw belajar sebisa gw aja. Besok pas ujian gw tinggal mengandalkan “insting” gw. Kwkwkwkwkwk ^^
Niatnya belajar serius buat ujian tanaman perkebunan besok, eh malah nonton tipi. Yaah maklum, mungkin karena bosen melanda, jadi cari sedikit hiburan dengan nonton tipi. Kebetulan banget di “Bukan Empat Mata” bintang tamunya biking gw betah melek…hehehe… Disitu ada Wiwid Gunawan ama Aura Kasih. Hwaaaa..cakep banget disituu. Eiit..jog ngeres dengan kesamaan lain yang mereka punya. Ni murni dari face mereka, bukan yang lain.
Mungkin karena uda jalanya, dari acara situ gw dapet sebuah ilmu satu lagi. Simple sich kata-katanya, “mungkin solusi untuk masalah anda adalah tepat berada di depan mata anda. Anda hanya perlu untuk keluar dari kebiasaan anda agar dapat melihat solusi guna masalah anda” Simple kan ? tapi kayaknya ngena banget ke gw. Yoo.. lanjut belajarnya!!Aura….!! Oh…. (empat) = (100413)


7 Januari 2010
Hari kedua ujian, Biotekpang segera menyambut ntar jam 2 siang. Masi dalam pencarian judul skripsi dan motivasi, kemarin pas nongkrong di pintu samping gedung D FTP ama Hafis, mas Febri dan mas Hendro Baking kita lagi ngomongin perempuan-perempuan yang belum nikah padahal usianya udah beranjak tua. Berat banget omonganya yaa? Padahal sempet ngomongin ginian, tapi og ga sempet mikirin judul skripsi, hihihi….Padahal mereka secara financial uda dapet lebih dari yang mereka harapkan (mungkin). Tapi kenapa mereka ngga buru-buru nikah ? Apa ngga takut dibilang perawan tua? Kalo kita yang cowok mah, nyante-nyante aja. Ga ada istilah perjaka tua.
Sebenarnya ini ada hubunganya dengan motivasi ngerjain skripsi yang gw lagi nyariin. Jadi pas kita ngomongin itu, salah satu dari kita nanya “kenopo og ga ndang rabi c wong-wong iku, ngenteni opo maneh?” Kalo semua sudah mereka punya, harta, kedudukan, jabatan uda ada, nikah dan berkeluarga otomatis jadi target terakhir to? Iya ngga c??
Nah hal itu lag sama kalo ditanyain ke gw saat ini ? Nek PKL wes mari, Kuliah wes entek, IP wes mendingan, kan tinggal nggarap skripsi to?? okelah KKN durung tapi kan wes 60 % a. Trus og ga ndang nggarap skripsi iku ngenteni opo atean?? Ga wedi nek diomongi mahasiswa abadi tah?? Lah gw yang emang dasarnya lagi nyari motivasi buat ngerjain skripsi, secara otomatis merasa kalo yang dialami perempuan-perempuan itu ama gw mirip. Gw ga ngerti kenapa gw ga ada motivasi buat ngerjain skripsi, mereka juga ga ngerti kenapa mereka ga segera menikah, malah sekolah melulu. Gw ga pingin cepet-cepet beranjak dari kehidupan mahasiswa gw, mereka juga ga ingin cepet-cepet melepas masa lajang mereka. Ato karena ga ada proyekan yang bisa dikerjakan dari dosen a.k.a kalo mereka ga ada yang ngelamar buat menjadikan mereka sebagai istrinya (yang terakhir ini parah banget alasannya). Kenapa mereka ga aktif buat nyari pasangan, ato kalo gw kenapa gw ga aktif nyari judul. Ke perpustakaan, ato ke klab-klab mungkin kalo mereka.
Trus salah satu dari kita berkomentar, mungkin mereka masih punya ambisi yang dimana orang lain ga ngerti, ga tau, ga peduli, dan ga mau mencari tau tentang ambisi yang mereka punya. Kalo dipikir-pikir bisa jadi juga si, mungkin gw juga punya ambisi yang setiap orang lain, ga ngerti, ga tau, ga peduli, ga mau mencari tahu dan bahkan ga perlu tahu tentang ambisi yang gw punya.
“Trus ambisi lo apa? Lo punya keinginan apa? Cerita dong biar kita yang baca disini bisa ngerti ambisi lo itu apa?” yaah langsung gw jawab “Ga tau” .

11 Januari 2010
Udah berhari-hari ni gw ga mikirin tentang skripsi. Maksudnya ga resah gituu mikirinnya kayak kemaren-kemaren. Emm..mungkin karena gw masih UAS, jadi konsentrasi ke soal ujian semua niey pikirannya.
Bentar lagi UAS nya selese, beberapa ujian rasa-rasanya bakalan ga dapet nilai yang diharapkan. Gw ngarepnya dapet C, tapi dapet B (Alhamdullilah). Moga-moga aja ^^ hehe...
Bakalan ada yang ngisi pikiran ku ni abis UAS. PMW!! Semacam ajang cari bakat buat para entrepreneur muda dimana mereka yang lolos proposalnya bakalan dapet sejumlah dana untuk bisa memulai usahanya. Doain ketrima, coz ini tahun terakhir gw, jadi gw kudu dapet ni dana biar sebelum lulus gw uda bisa buka usaha buat pegangan gw. Meskipun cuma ada waktu 1 minggu buat nyusun proposalnya tapi gw ga bakal nyerah. Gw kudu dapet. Yang ga mw kompromi dengan gw secara professional, mending ngilang deh dari gw, ato yang cuma bisa nyuruh, yang cuma bisa ‘nggeremeng’, yang cuma bisa bilang bakalan berkomitmen namun cuma gede omong doang, yang pikirannya negative terus, semuanya ngilang lo dari gw. Gw ga butuh orang-orang kayak lo!!! Oiya satu lagi, orang yang ga mau “jalan” ngerjain segala sesuatunya mending diem dan nonton ajah, ga usah berkomentar ini itu. Ga usah bilang pengen ikutan bikin. Just keep your mouth still in your face.
Yaa Allah, dekatkan diriku dengan keberhasilan dan keteguhan. Berikanlah kekuatan dan keuletan untuk meraih cita-citaku dan dekatkan aku dengan orang-orang yang berpikiran positif dan memiliki mimpi-mimpi besar, yang tidak takut untuk melangkah maju, yang tidak takut untuk berlari, yang tidak takut untuk mengalami kesulitan karena kesulitan itu datangnya dari engkau dan engkau maha tahu seberapa besar kemampuanku untuk menyelesaikan kesulitan yang aku alami.
Skripsinya gimana??? Tenggat skripsi masih lama, 1 tahun lagi. (Inget Umur, Nak! Kata Bapak)^^

18 Januari 2010
Malem-malem sambil ngerjain proposal PMW, gue dapet sebuah kalimat “Cinta Ama Sodara Sendiri, Itu Ga Bakal Pernah Mati”. Kalo sodara itu berantem, ribut-ribut kecil itu mah biasa. Namanya juga sodara. Tapi gw, gw ga begitu perhatian ama adek gw. Gw ga ngurusin kalo dy mo belajar ato ga. Gw ga beliin kado buat adek gw yang ultah, malah beliin kado buat gebetan, ato cewek gw, kalo gw punya sich…Gw juga ga pernah ngucapin met ultah ke adek gw selama umurnya, sebaliknya, orang yang nolak gw malah dapet sandal kodok keren. Gw ga nyesel udah ngasih sandal itu, gw ikhlas. Tapi gw nyesel waktu ga bisa beliin Hp buat adek gw yang baru lulus dari SMP.
Gw jadi inget dan tambah ngerasa bersalah kalo gw denger/baca kata-kata itu. Gw ga mau kalo ni terjadi lagi. Sodara, keluarga itu satu. Satu Cinta Untuk Keluarga.
Apa Hubungannya cerita ni ama tu skripsi? Eh, ada begoo…. Keluarga juga yang bikin kita inget skripsi.