Setelah sampe di toko tersebut saya bilangin "Mas saya mau instal
netbook,ini masih baru, barusan saya coba instal sendiri tapi malah partisi nya
kehapus" Karyawan yang nerima tersebut iya-iya aja. Dalam hati saya kira
dia ngerti karena dikiranya nginstal netbook seperti biasa. Awalnya saya kira
itu petugas juga udah tau masalahnya apa, coz saya sendiri juga udah nerangin
keluhan saya apa mulai dari partisi bawaan sistem yang kehapus, tampilan setiap
power netbook dinyalakan, perihal netbook yang cuma bisa masuk bios, diinstalin
ngga bisa-bisa, dll. Karena karyawan penerima tersebut iya-iya aja yaa sudah
saya anggep ngerti permasalahannya. saya dikasih nota dan saya juga udah
tulisin nomer telepon saya di nota tersebut. Saya balik kekantor. Karyawan ini
keliatan seperti masi anak magang, tapi yang udah lama, sedikit ngerti laah cara
melayani pelanggan.
Setelah dua jam saya balik ke toko itu tadi karena katanya nginstal
maksimal dua jam, kalo ngga ada masalah apapun yang berat. Dan saya yakin kalo
ngga ada masalah apapun yang berat, karena itu barang baru, dengan kata lain
ngga ada masalah dari sisi hardware. Software yang bermasalah soalnya kesalahan
dari saya tadi pas waktu mau nginstal pagi-pagi. Lalu saya tanya ke petugas
yang lain dari yang tadi pagi, yang kebetulan pas lagi ngga ada pelanggan.
Laki-laki umurnya sekitar 30 tahunan ke atas. "Mas saya mau ambil netbook
yang nginstal tadi pagi atas nama Gemma".
Nunggu sebentar, sambil dicek, trus jawaban orang ini yang bikin
shock,
"Belum selesai mas, lagi dibenerin. Hard disknya dibongkar
soalnya pas mau diinstal ngga bisa
diapa-apain. Mau dicoba pake harddisk punya kami, dicek apa ada
masalah"
Terus terang saya langsung emosi dong, mungkin karena cek medis
kesehatan terakhir tekanan darah saya emang lagi tinggi jadi bawaanya gampang
emosi terus, soalnya mereka ngebongkar daleman netbook saya tanpa ada
pemberitahuan sama sekali. Dan ini netbook masih garansi, guoblok! Kalau emang
dalemannya yang error, kan bisa telepon ke nomer saya di nota yang udah saya
tulis tadi pagi. Ini malah tanpa ba bi bu seenaknya aja bongkar-bongkar!!.
"Lho mas dibongkar gimana??"
Iya dicopot harddisknya, mau di
tes dulu di netbook kami apa ada masalah ato ngga gitu."
Lhoh, garansi saya ilang dong?
"Lho masih ada garansi nya ?"
Wuuh disitu saya tambah emosi dong, pengen banget bilang 'JAN**K' di
depan orang itu. Untung ada kursi, saya langsung duduk sambil nahan emosi. Saya
kepikiran banget garansi nya soalnya kan
sayang banget netbook masih baru kinyis2, udah diperkosa ajah, kampret!!
"Gimana mas, diterusin?"
"udah sini mana saya ambil aja mas" dengan nada sedikit
ketus.
Ternyata duduk emang lebih bisa menenangkan emosi daripada ketika kita
sambil berdiri. saya nunggu agak lama, buat ngambil netbook itu. Kayaknya
mereka yang didalem lagi ngebetulin, masang2in apa yang mereka baru aja
bongkar. Sambil saya nunggu itulah orang yang umur 30an itu yang ngelantur.
"Garansi nya masih aman kok mas, saya sering buka netbook buat
nambahin memori. trus pas dikasih ke servis center mereka masih mau nerima.
Bilang aja kalo sengaja dibuka buat nambahin memori" Kami sering jual netbook,
dari 10 paling banyak 2 lah mas yang bermasalah dalam penginstalan di awal
gini. Jarang banget kayak gini"
Jawaban pembelaan yang geblek, ngawur, sok tau, dan segala macem
alasan yang saya simpulkan dalam dua kata 'MATAMU AANCOK'!!! Dia ngomong sambil
seakan-akan dia paling ngerti dan menganggap saya pemain baru dalam dunia
komputer. Dikira nya saya sama kayak orang-orang pemula yang sama-sama ngga
bisa nginstal komputer untuk pertama kali. Nada bicara nya, gaya ngomongnya,
tatap matanya, gestur tubuhnya, bikin saya terintimidasi. Saya sebenernya suka
kalo orang lain menganggap saya ngga tahu apa-apa, tapi saya paling benci dan
jengkel dengan orang yang meremehkan saya. Apalagi ini masalah komputer yang
saya yakin pengetahuan saya ngga nol-nol banget. Dan satu lagi saya ngga denger
ucapan maaf atas kelancangan mereka memperkosa netbook baru saya itu. Apa
gunanya saya tuliskan nomer telepon saya disitu. Siapa yang minta untuk
diservis? Yang saya minta kan jelas, INSTAL WINDOWS!!
Setelah nunggu agak lama dan barang sudah dikasih ke saya, saya cek di
tempat baut ada bekas2 segel yang dilepas ato ngga. Ternyata ngga ada, atau mungkin
emang sudah dibersihin. Mas nya yang tukang servis bilang gini :
"Ini tadi waktu mau diinstal windows, netbooknya ngga bisa
diapa-apain. Buat ngetik aja ngga bisa. Bisa masuk Bios, tapi setelah keluar
tetep ngga bisa diapa-apakan. Kayaknya harddisknya mas. Waktu booting buat
instal windows bisa masuk tapi pas di klik partisinya tetep ngga bisa
juga"
Dalem hati saya setengah ketawa, soalnya itulah masalah yang sama yang
saya sampaikan pagi tadi waktu nyerahin ni netbook ke si petugas yang pertama.
Saya heran, jadi dari awal ini mereka mulai dari yang nerima sampe yang
ngebongkar semuanya itu ngga ada yang bener-bener paham troublenya dimana.
Iya..iya tadi pagi itu juga ngga ada gunanya. Maksud hati ingin menghemat waktu
malah membayar mahal dengan bayang-bayang kehilangan garansi resmi. Dan saya
yang level pemula ini pun masih yakin kalo kemampuan saya masih lebih tinggi
asal saya niat fokus kayak mereka dalam hal perkomputeran. FUCK!!!!
Akhirnya sebelum saya pulang ada satu hal yang ingin saya tes dan
pastikan ke mereka. Saya tanya gini :
"Ya udah, berapa semuanya ini mas?"
"Eum..paling biaya check up aja mas, Rp. 15.000,-"
OKE, Case Closed...I'll Never Comeback!!! SHIT !!!
**********
Setelah sampai lagi dikantor saya cek keadaan netbook saya. Ternyata
emang masih sama ngga bisa diapa-apain seperti tadi pagi. Ngga ada yang
berubah, kayak ngga diapa-apain sama sekali. paling pengaturan di BIOS yang
kayaknya diutak-atik sama mereka. Langsung saya restore ke default. Saya search
di google sebentar sambil ninggalin makan siang. Saya booting lagi buat instal
windows, tetep sama, partisinya ngga bisa diklik. Saya coba-coba terus sampe
akhirnya saya melalui suatu tahapan yang mengakibatkan munculnya notifikasi
sebagai berikut : "windows cannot be
installed to this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI
system, windows can only be installed to GPT disks". Barangkali ada
yang mengalami hal yang serupa dengan saya?? kalo ada saya udah nemu solusinya.
Search aja di youtube tentang "How to convert MBR to GPT during windows
installation". Ternyata cuma gitu doang. Dan...bener-bener gitu doang.
Oalaaah tiwas ae reek..jan getun ngunu rasane pas wes ngerti carane tibak e mek
ngono thok, Nggluethek! Setelah berhasil, partisi netbook jadi bisa di klik
buat install windows, saya tinggal sholat dzuhur, saya balik udah 80% an. Total
waktu yang dibutuhkan cuma sejam antara jam 12 - jam 1 siang buat search di
google sampe ready to use. Bener-bener sebuah harga Rp. 15.000. Fyi, tulisan ini dibuat ketika Presiden
Indonesia Joko Widodo sedang didera awal krisis ekonomi dimana nilai tukar rupiah
melemah sebesar 1 US$ = ≥ Rp. 14.000.
0 comments:
Posting Komentar